Thursday, March 4, 2010

Paragraf deduktif dan induktif

Dalam penulisan paragraf ada beberapa macam paragraf diantaranya paragraf deduktif dan paragraf induktif. Ciri dari keduanya yaitu :

Ciri paragraf deduktif :
- kalimat utama berada di awal paragraf
- kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan khusus

Ciri paragraf induktif :
- kalimat utama berada di akhir paragraf
- kalimat disusun dari uraian/penjelasan bersifat khusus diikuti dengan kalimat pernyataan umum

Contoh paragraf Deduktif 


Terdapat beberapa aplikasi dan fasilitas yang umum dilaksanakan melalui internet. Akses ke seluruh dunia, Jaringan internet merupakan jaringan internasional yang tersebar di seluruh dunia. E-mail, Electronic mail atau surat elektronik adalah bentuk surat yang diketikkan di layar komputer kemudian dikiirm melalui jaringan internet ke satu (beberapa) alamat. Voice Mail, Selain e-mail, user/pemakai internet juga dapat menyertakan Voice Mail dalam e-mail yang dikrimkannya. Selain menyertakan Voice Mail, e-mail dapat pula disertakan dengan transfer file . Dalam file yang disertakan pada e-mail tidak hanya teks yang dapat di attach, tapi user dapat pula menyertakan gambar ataupun foto. Chating, Chating adalah percakapan dalam bentuk tulisan yang diselenggarakan melalui jaringan internet.

Contoh paragraf Induktif
Internet menyajikan berbagai kemudahan bagi user untuk mengoperasikannya. Pengiriman data melalui internet berlangsung dengan cepat karena langsung dikirim dari komputer ataupun dari disket, sehingga langsung dikirim dalam bentuk pulsa-pulsa (data). Kapasitas, Free Space/ruang yang tersedia untuk mail box yang disiapkan bagi tiap-tiap user oleh tiap web site tidak sama. Kerahasiaan, Setiap user/pemakai yang terdaftar untuk menjadi pelanggan internet akan mendapat fasilitar password. Efisien dan Efektif, pemakaian pulsa oleh peralatan fax sangat dipengaruhi oleh jarak. Hal ini merupakan keunggulan dari internet.

No comments:

Post a Comment